Follow Us

Bantuin Manusia, Ternyata Ini 3 Manfaat Pelihara Kucing untuk Mengusir Stress

Al Sobry - Jumat, 12 Agustus 2022 | 11:03
Kucing

Kucing

HAI-Online.com - Udah tahu belom? Hari Kucing Internasional atau International Cat Day nyatanya diperingati setiap tanggal 8 Agustus.

Tetapi, buat para pemilik kucing, nampaknya setiap hari adalah Hari Kucing Internasional, ya kan? Nah, meskipun ada sedikit tingkah kucing yang cukup menyebalkan bagi sebagian orang, ternyata kucing lebih banyak memberikan kebahagiaan bagi pemiliknya.

Bahkan, kucing disebut-sebut bisa berkontribusi pada kesehatan mental sang pemiliknya.

Dikutip HAI dari Kompas.com, setidaknya ada tiga manfaat kucing sebagai pengusir stress dan penyakit khusus. Ini rinciannya:

1. Pengusir ketegangan

Menurut studi yang dilakukan peneliti dari Amerika seperti dimuat dalam jurnal Psychosomatic Medicine tahun 2002, level stres yang dirasakan oleh seseorang yang punya hewan peliharaan, khususnya kucing, akan dapat berkurang ketika beristirahat dengan hewan tersebut.

Penelitian ini melibatkan 240 pasangan yang sudah menikah dan setengahnya memiliki hewan peliharaan.

Menurut data yang diambil menggunakan reaktivitas kardiovaskular, pemilik hewan peliharaan tidak menunjukkan kenaikan detak jantung dan tekanan darah, serta menunjukkan pemulihan yang cepat dari stres.

Meskipun kucing tidak melakukan hal-hal tertentu untuk menurunkan tingkat stres sang pemilik, namun keberadaannya membuat pemilik merasa bergantung pada kucing.

Hal ini dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan oleh ahli dari University of Zurich pada Jurnal Anthrozoös di tahun 1999.

Penelitian ini membuktikan bahwa kucing bisa menggantikan orang lain dalam hubungan sosial dan membuat sang pemilik mendapatkan kenyamanan secara emosional dari kucing.

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest