Follow Us

Nggak Cuma Dilan 1991, 3 Film Indonesia Ini Juga Pernah Didemo

Bayu Galih Permana - Jumat, 01 Maret 2019 | 18:30
Film 'Soekarno'
MVP Pictures

Film 'Soekarno'

HAI-Online.com - Pemutaran dari film 'Dilan 1991' di kota Makassar mendapatkan aksi penolakan dari kelompok yang mengatasnamakan diri sebagai Aliansi Mahasiswa Peduli Pendidikan Nasional.

Aksi penolakan ini dilakukan oleh Aliansi Mahasiswa Peduli Pendidikan Nasional karena pihaknya menganggap bahwa pemutaran film 'Dilan 1991 tersebut telah merusak citra pendidikan serta industri perfilman Indonesia.

Bahkan, mereka juga menilai kalau film yang dibintangi oleh Iqbaal Ramadhan dan juga Vanesha Priscillia itu telah melanggar budaya setempat, serta membuat kekerasan dalam dunia pendidikan Indonesia semakin meningkat.

Nah, demo menolak pemutaran film karya anak bangsa ini ternyata bukan baru pertama kali terjadi di Indonesia karena sebelumnya sejumlah judul juga udah mengalami nasib serupa.

Film apa aja sih? Daripada penasaran, langsung aja yuk HAI bagiin buat kalian 3 film Indonesia yang juga pernah didemo.

1. Soekarno

Pada akhir tahun 2013 lalu, MVP Pictures merilis sebuah film biopik yang menceritakan tentang presiden pertama Republik Indonesia berjudul 'Soekarno'.

Selang beberapa hari setelah pemutaran, ratusan orang yang terdiri dari mahasiswa dan juga ibu-ibu terlihat melakukan aksi demo sambil mengepung XXI Planet Hollywood di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan.

Baca Juga : Dinilai Merusak Dunia Pendidikan, Ini 3 Fakta Terkait Aksi Demo Film Dilan 1991 di Makassar

Para pengunjuk rasa menuntut agar penayangan film 'Soekarno' dihentikan karena dinilai nggak sesuai dengan sejarah, dan menampilkan beberapa adegan memalukan, salah satunya ketika presiden pertama RI itu memeluk Fatmawati.

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest