Follow Us

Shutter Island: PENYELIDIKAN PULAU MISTERIUS

Erick Tobing - Kamis, 04 Maret 2010 | 15:23
Shutter Island PENYELIDIKAN PULAU MISTERIUS
Erick Tobing

Shutter Island PENYELIDIKAN PULAU MISTERIUS

Hampir semua film bikinan Martin Scorsese bikin penasaran. Bagi para movie freak, nama Scorsese seakan jadi jaminan mutu sebuah film. Ditambah lagi, rata-rata filmnya juga jadi box office, jack! Makin jelas aja gimana kualitas seorang Scorsese.

Seringkali Scorsese memasang nama aktor kelas atas sebagai pemeran utama di filmnya. Kali ini, giliran Leonardo DiCaprio yang jadi pilihannya. Kualitas Leo emang udah terbukti di berbagai film. Untuk genre film apa pun. So, nggak heran kalo Scorsese memilih Leo di film thriller-nya kali ini.

Cerita di film ini diambil dari sebuah novel berjudul sama, rilisan tahun 2003 lalu. Bercerita soal dua orang militer Amrik yang dikirim ke sebuah pulau untuk menginvestigasi kejadian aneh yang terjadi di sana.

Berlatar belakang tahun 1954, Scorsese menggarap set dan kostumnya dengan sempurna. Terasa banget suasana jaman dulunya di film ini. Teddy Daniels (Leonardo DiCaprio) dan Chuck Aule (Mark Ruffalo) adalah dua orang militer yang kebagian menuntaskan misi ini. Misinya sendiri cukup aneh. Seorang pasien menghilang dari Shutter Island Ashecliffe Hospital. Nggak diketahui kenapa dia bisa sampai hilang, dan apa motif dibaliknya.

Sebenarnya ada keinginan pribadi Teddy dibalik kepergiannya ke pulau tersebut. Selain ingin menyelesaikan misteri hilangnya pasien tersebut, ada sebuah keinginan yang belum terselesaikan di pulau itu bagi Teddy.

Produksi film ini diawali bulan Maret 2008 kemarin. Setelah melalui proses produksi yang cukup lama, akhirnya film ini direncanakan rilis bulan Oktober 2009 kemarin. Sayangnya, pihak Paramount Pictures terpaksa menunda rilis film ini ke bulan Februari 2010. Entah apa alasan di balik penundaan ini.

Pastinya, kemasan yang dibikin Scorsese di film ini memukau. Lewat gambar dan sinematografi khas Scorsese, dia berhasil menyampaikan ketegangan yang ada di ceritanya. Ditambah lagi scoring dan soundtrack yang juga menambah intens ketegangannya. Deretan lagu klasik, dan sebuah lagu atmosferik milik Brian Eno, jadi pelengkap yang paten.

Shutter Island Sutradara: Martin Scorsese Pemain: Leonardo DiCaprio, Ben Kingsley, Mark Ruffalo, Emily Mortimer, Michelle Williams Penulis: Laeta Kalogridis, Steven Knight, Dennis Lehane Durasi: 138 menit

Editor : Hai





PROMOTED CONTENT

Latest