Walau Nggak Berpenghuni, 5 Ghost Town Ini Ternyata Punya View Indah!

Kamis, 06 Juni 2019 | 10:30

Craco

HAI-Online.com - Di film atau TV, sering banget kita ngeliat tempat-tempat yang nggak berpenghuni jadi salah satu settingnya. Misalnya, di film post-apokaliptik yang membuat manusia udah sesedikit itu.

Tapi tahu nggak sih lo sob, ternyata tempat-tempat nggak berpenghuni kayak di film tuh ada juga lho, di dunia nyata. Di seluruh dunia, ternyata banyak banget tempat yang nggak dihuni sama manusia sama sekali.

Hampir semuanya terletak di tempat yang cukup terpencil. Dengan akses yang kadang susah banget dicapai.

Baca Juga: 3 Kisah Hantu di Sekolah yang Serem Banget, Sampai Masuk Berita!

Makanya, ada tempat yang disebut ghost town ini yang benar-benar terabaikan, tapi ada juga yang diubah jadi tujuan wisata keren dengan view yang super cantik.

Berikut 5 di antaranya:

Craco, Italia

Area historis ini udah ada sejak 540 SM saat orang Yunani pindah dari Metaponto.

Selama berabad-abad, daerah yang dulunya bernama Montedoro ini berkembang banget dengan adalah sebuah universitas, 4 plaza besar, dan populasi yang terus bertambah.

Tapi, pada 1656 wabah datang dan menyerang populasi warga. Membuat kejatuhan lokasi ini dimulai. Dan pada 1892-1922 para warga mulai bermigrasi ke Amerika Utara.

Kini, Craco populer sebagai tempat wisata dan sering digunakan jadi set film terkenal macam Quantum of Solace dan The Passion of The Christ.

Baca Juga: 'Egg Boy' Akhirnya Mau Diwawancarai Soal Aksinya Pecahkan Telur di Kepala Senator Pembenci Muslim

Varosha, Famagusta, Cyprus

Varosha

Varosha dulunya adalah area turis modern yang populer banget pada 1970-an. Varosha sempat jadi tujuan nomor 1 untuk para wisatawan yang datang ke Cyprus. Bahkan di puncak kejayaannya sempat didatangi sama Elizabeth Taylor, Richard Burton, dan Brigitte Bardot.

Semua berubah pada 1974 pas Turki menginvasi Cyprus. Para penghubi Varosha pun kabur dan migrasi dari sana. Dan sejak itu area Varosha pun udah nggak berpenghuni.

Saat ini, Varosha masih berada di bawah kepemimpinan tentara Turki dan ditutup untuk umum.

Hashima Island, Jepang

Pulau Hashima

Hashima atau yang dikenal juga sebagai Gunkanjima, adalah sebuah pulau yang berlokasi sekitar 15km dari Nagasaki.

Hasima adalah kota pertambangan, dan mengalami masa puncak pada 1959 dengan populasi sekitar 5.259 orang.

Pada 1974, pertambangan mulai menurun dan akhirnya para penghuni pun mulai meninggalkan tempat tersebut.

Pada tahun 2000 akhirnya pulau ini resmi tidak dihuni lagi dan sejak 2009 dibuka untuk turis. Pada 2015 UNESCO meresmikan pulau ini sebagai World Heritage Site.

Great Blasket Island, Irlandia

Pulau Great Blasket

Pulau seluas 4,29 km2 ini berpenghuni sampai 1953 ketika pemerintah Irlandia mengeluarkan putusan bahwa pulau ini nggak aman.

Hal ini disebabkan karena susahnya akses menuju pulau ini, apalagi ketika cuaca sedang buruk. Sejak itu para penghuninya mulai migrasi keluar pulau.

Saat ini, pulau Great Blasket emang nggak berpenghuni.

Meski begitu reruntuhan sisa zaman kejayaannya dulu masih berdiri lantaran jadi rumah untuk sastrawan populer Irlandia macam Tomas O Criomhthain, Peig Sayers, dan Muiris O Suilleabhain, bikin tempat ini jadi memoir untuk sejarah sastra Irlandia juga.

St. Kilda, Skotlandia

St. Kilda

St. Kilda sebenernya adalah sebuah archipelago. Wilayah ini punya banyak desa yang udah nggak berpenghuni sejak 1930an. Dari seluruh archipelago, cuman desa Hirta yang berpenghuni.

Beberapa faktor bikin para penghuni archipelago ini cabut. Adalah kontaminasi hasil panen, penyakit, dan pariwisata yang bikin cara hidup mereka berubah. Dan saat ini, daerah St.Kilda punya wilayah yang menarik dengan struktur yang unik.

Nah, itu tadi adalah 5 wilayah nggak berpenghuni yang ada di seluruh dunia yang ternyata punya pemandangan luar biasa keren.

Sebagian besar dari wilayah-wilayah ini udah dijadikan tempat pariwisata populer. Gimana, berminat buat mengunjungi tempat-tempat ini? (*)

Editor : Al Sobry

Sumber : BoredPanda

Baca Lainnya